Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg dalam Sebulan, Penting Defisit Kalori

Minggu, 22 September 2024 - 07:00 WIB
loading...
Cara Menurunkan Berat...
Cara menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan mungkin terdengar ekstrem. Namun, dengan pendekatan yang tepat, dan gaya hidup sehat, hal ini bisa dicapai. Foto/The New York Times
A A A
JAKARTA - Cara menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan mungkin terdengar ekstrem. Namun, dengan pendekatan yang tepat, disiplin, dan pengaturan gaya hidup sehat, hal ini bisa dicapai.

Menciptakan defisit kalori melalui pemilihan makanan bergizi dan rendah kalori, mengurangi karbohidrat sederhana. Termasuk meningkatkan aktivitas fisik dapat membantu Anda menurunkan berat badan .

Selain itu, menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan membutuhkan komitmen tinggi, perubahan pola makan yang tepat, olahraga teratur, serta pengelolaan stres dan tidur yang cukup. Jika perlu, mintalah bantuan dari ahli gizi untuk mendukung perjalanan Anda.

Berikut cara menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan seperti dilansir dari Times of India, Minggu (22/9/2024).

Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg dalam Sebulan





1. Atur Pola Makan dengan Defisit Kalori


Kunci utama untuk menurunkan berat badan adalah menciptakan defisit kalori, yaitu mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar oleh tubuh. Anda bisa menghitung kebutuhan kalori harian dengan mempertimbangkan usia, berat badan, tinggi badan, dan tingkat aktivitas fisik.

Kurangi asupan kalori sekitar 500-1000 kalori per hari dari kebutuhan harian Anda untuk menghasilkan defisit 0,5 hingga 1 kg per minggu. Konsumsi makanan rendah kalori dan bergizi seperti sayuran hijau, buah-buahan rendah gula seperti apel, beri, dan jeruk, protein tanpa lemak yakni dada ayam, ikan, tahu, tempe, serta sumber karbohidrat kompleks meliputi oat, quinoa, ubi.

2. Kendalikan Porsi Makan


Mengontrol porsi makan adalah langkah penting. Gunakan piring kecil untuk membantu mengendalikan jumlah makanan yang dikonsumsi. Hindari makan berlebihan dengan mengonsumsi makanan secara perlahan dan perhatikan rasa kenyang.

3. Pilih Makanan dengan Nutrisi Tinggi


Pastikan makanan yang Anda konsumsi kaya nutrisi, bukan sekadar rendah kalori. Makanan dengan kandungan protein, serat, dan lemak sehat akan membuat Anda kenyang lebih lama.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)